Tentang Ramadhan dan Lebaran

00.40

AKHIRNYA ! Bisa mengumpulkan niat untuk menulis lagi setelah sekian lama. Gap menulis di blog karena semester 4 emang lagi hectic-hecticnya kuliah. Bentar-bentar, mau bersihin sarang-sarang di blog. 
...
...
Ok udah bersih. Hehe. Berhubung di bulan Mei-Juni ini adalah Bulan Ramadhan dan Syawal, jadi kali ini gw akan bercerita dan mungkin curhat sedikit tentang ramadhan dan lebaran. Menurut gw, sebagian besar orang menganggap Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat-sangat menyenangkan, karena di bulan  ini kita bisa jadi lebih semangat nabung pahalanya, terus juga momen ramadhan jadi salah satu 'media /kesempatan' biar kita bisa ngumpul bareng dengan temen lama misalnya. Tapi karena Ramadhan kali ini bukan 'pas' di hari libur kuliah, jadi jatah buat buka bareng temen-temen di kampung halaman juga berkurang, karena sebagian besar dari temen-temen rantau juga masih sibuk kuliah dan belum bisa pulang kampung. Hikmahnya adalah ketika para anak rantau baru bisa pulang di minggu terakhir bulan ramadhan, jadi bisa menghabiskan sisa Ramadhan di rumah. Bareng keluarga. Walaupun sekali dua kali pun tetap meluangkan waktu untuk bersua dengan teman lama. 
Kalau sudah begitu, Ramadhan akan terasa cepet banget (yaiya namanya juga fasting) hehe. Maap ga lucu. Selain itu, Ramadhan kali ini juga diselingi kuliah, UAS, Tugas akhir semester yang membabi buta yang membuat gw ngrasa kurang banget ngejar pahala di bulan ramadhan ini. Setelah akhir ramadhan baru deh, rasa menyesal muncul begitu saja. Semoga tahun depan kita semua masih diberi kesempatan bertemu Ramadhan dan memperbaiki kekurangan di Ramadhan kali ini. 
..
..
Setelah Ramadhan, datanglah lebaran. Kalau kata orang-orang, selain jadi 'momen tepat' untuk bersilaturahmi juga jadi ajang banyak-banyakan dapet THR. Semakin rajin silaturrahmi semakin banyak dapet angpao/THR nya (berlaku untuk anak bayik - SMP). Kalau gak rajin dateng ke rumah-rumah sodara atau tetangga dan kerjaannya ngurung di kamar, goleran di kasur ya THR nya dipastikan mendekati 0%. Beda kalau udah gede walaupun effortnya buat dapet angpao banyak, silaturrahmi nya kenceng banget tetep aja dapet  dikit atau malah gak dapet sama sekali. Wkwk, jangan sedih 'I feel you bro/sist'.

Ngomongin teori THR/angpao mulu sampe niat aslinya silaturrahmi terkesampingkan. Huhuhu. Btw, Semakin kesini, semakin nambah umur, ketika gw dateng silaturrahmi ke rumah orang-orang, tetangga, saudara deket, saudara jauh, gw sadar gw gak punya relasi kuat dengan mereka sebagaimana mereka dengan orang tua gw. Mungkin memang gw yang terlalu menutup diri atau entahlah, karena juga dari kecil sekolah gw di kota a.k.a jauh dari rumah yang mana temen-temen juga bukan dari daerah yang sama. Ketakutan gw sejak sekarang adalah ketika gw udah gede, mungkin udah berkeluarga, udah ganti generasi, silaturrahmi 'putus' secara gak langsung. Jadi tahun ini sedikit banyak gw ngapalin tempat dan orang-orang yang dikunjungin buat silaturrahmi. Biar ntar udah ganti generasi sillaturrahminya tetep terjaga. 
..
Ketakutan-ketakutan itu sedikit tertutupi ketika orang-orang yang pernah punya relasi deket dengan gw saat kecil karena mungkin juga sering ngasuh/main sama gw tetep seneng ketika ngelihat gw dateng walaupun sekarang udah jarang atau bahkan gak pernah main lagi sama beliau. Kadang kalau sudah kayak gini, pengen banget ngucapin banyak terimakasih dan bersyukur banget ada orang yang pernah tulus ngasuh gw (selain ibu).Seiring bertambahnya umur, lebaran demi lebaran juga orang-orang yang sayang sama gw, yang pernah bantu gw, bantu lahiran ibuku, ngasuh kakak/adikku juga mulai berkurang. Seandainya pas gw kecil di asuh dulu udah pinter ngomong mungkin gw akan ngucapin terimakasih banyak banget ke orang-orang ini. 
..
Jadi ya.. kalaupun temen-temen juga gitu, walaupun di hari-hari biasa selain lebaran gak bisa mengunjungi atau sekedar bertemu, ketika lebaran harus disempatkan buat silaturrahmi ke rumahnya, bagaimanapun mereka juga pernah hadir, dan membantu di hidup kita. Huhu. Sedih. Beneran sedih ini nulisnya. 
..
Semoga kita dan orang-orang terdekat kita selalu dilimpahkan kebaikan dan bisa bertemu di Ramadhan & Lebaran tahun berikutnya. 

Big luv 💙

You Might Also Like

2 komentar

Pages

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images